Thursday, May 10, 2012

Hal - Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Berangkat

Yah, kali ini aku akan memberikan beberapa tips tentang apa saja yang harus kamu bawa sebelum kamu terbang kesini sebab, gak semua barang-barang ada dan bisa dibawa disini. Untuk beberapa hal yang umum seperti baju dan peralatan tidak perlu saya sebutkan
List Barang Bawaan Khusus
  1. Jaket tebal
    • Dikarenakan Melburne memiliki 4 musim, kamu butuh jaket untuk musim gugur dan musim dingin. Di saat musim gugur, suhu harian berkisar antara 7 derajat celcius sampai 18 derajat celcius, dan untuk musim dingin, bisa sampai 4 derajat celcius. Kalau beli jaket disini mahal kalau gak ada diskon.
  2. Guling
    • Dinegara ini tidak mengenal namanya guling (orang sini nyebutnya sih long pillow). Satu-satunya tempat yang jual long pillow adalah Vic Mart (satu bangunan sama IKEA) dan itupun benar-benar "long pilow" (Bantal tapi panjang). Bagi kalian yang gak bisa tidur tanpa guling, silahkan membawa guling vacum. dari Indonesia.
  3. Makanan Jadi
    • Bea di negara ini sangat-sangat ketat. Sebelum kamu mendarat, kamu diharuskan mengisi formulir lengkap mengenai barang bawaanmu. Dan nanti, di bagian sortir semua makanan yang tidak disegel pabrik akan dirampas dan dibuang oleh petugas bandara. Jadi, kalo mau bawa abon, belilah yang sudah kalengan atau produksi pabrik. (Pengalamanku, masakan mamaku dirampas karena bukan produksi pabrik)
  4. Uang Cash ( kira-kira 200$ )
    • Rata-rata dari kita mungkin sudah membawa uang yang berada di rekening bank, tapi percayalah uang cash diperlukan. Dari bandara sampai ke city kurang lebih 20km, uang cash akan sangat berguna dalam sewa taxi (saya sarankan minta jemput pihak sekolah, soalnya sangat mahal taxi disini), membeli tiket kereta, dsb 
  5. Tempat Tinggal
    • Mempersiapkan tempat tinggal disini sangatlah penting. Pengalaman dari teman-teman disini yang datang sebelum ada tempat tinggal adalah buruk. Disini kalau sebelumnya belum dipersiapkan, semuanya menjadi mahal. Saranku, pesanlah tempat tinggal waktu di Indonesia ( Bisa kost, apartment, ataupun join sama teman )

No comments:

Post a Comment