Saturday, May 12, 2012

Tips Hidup Hemat

Bagi orang Indonesia, hidup di Melburne cukuplah mahal. Kalau di Indonesia, makan pinggir jalan dengan uang 10 ribu bisa, kalau disini makan dipinggir jalan juga rata-rata 7-9$ ( Yang artinya * rate 9.600 bisa antara 70-90 ribu sekali makan ). Jika ditambah dengan pengeluaran transportasi dan tempat tinggal, kamu bisa menghabisan lebih dari 1300$ per bulan kalau kamu jajan terus. 
Bersyukurlah Parkiran di Indo cuma 2rb
Tapi hal-hal tersebut dapat disiasati dengan beberapa tips supaya pengeluaranmu bisa ditekan.
  • Tempat Tinggal = Shared Apartment
    • Tinggal di shared apartment bakalan mengurangi biaya tempat tinggal. Untuk apartment 2 ruangan ditengah kota, sewa perbulanya rata-rata 1700$ ( Kalau dibagi 2 ya 850$, kalau kuat ya tambah orang lagi, ditempatku Apartment 3 ruangan dibagi 6 orang jadi 390$ per bulan ). 
  • Makan Sehari-hari = Masak Sendiri
    • Masak sendiri akan sangat mengurangi biaya hidupmu. Dengan masak sendiri, kamu bisa menekan cost makan sampai 1$ sekali makan. Bahan-bahan makanan bisa dibeli di Victoria Market ( Pasar Tradisional ), Laguna ( Tempat beli bumbu-bumbu Indonesia dan beras murah), Aldi Supermarket, ataupun Woolworths Supermarket.
  • Membeli Barang Diskon
    • Baik barang mau makanan kalau disini didiskon, kondisinya masih sangat bagus alias layak. Untuk barang-barang selain makanan, biasanya saya di Reject Shop atau  Target Shop atau beli lewat Amazone ( Biasanya murahnya parah ). Kalau untuk makanan snack, biasanya yang menyelenggarakan diskon adalah Woolworths. Kalau untuk diskon jajan diluar, biasanya menggunakan Scoopon

No comments:

Post a Comment