Wednesday, May 30, 2012

Musim Dingin di Melbourne

Musim di Melbourne ada 4 dan salah satunya adalah Musim Dingin. Terjadi antara Juni sampai Agustus. Temperaturnya rata-rata antara 8 - 15 derajat celcius, paling maximal up to 18 derajat dan paling rendah bisa sampai 4 derajat (Completely Freezing di pagi hari). Disaat ini juga, payung sangat diperlukan. Yang gw tau, disaat musim dingin, beberapa kali hujan dan hujanya berbeda sama Indonesia, seperti gerimis dan terkadang bisa sampai hujan es (Menurut temen-temen gw, gw sendiri belum pernah lihat). Jadi mungkin ini beberapa hal saran gw dah untuk menghadapi musim ini. Dan disaat ini pula, bagi kalian yang mau main ski bisa (Di Melbourne gak ada salju, tapi kamu bisa ambil tour sehari ke tempat ski selama sehari sekitar 100-200$, kata temen jarak yang ditempuh kurang lebih 5 jam, berangkat subuh, pulang petang)

Hal-Hal yang Perlu :

  1. Jaket
    • Pada saat musim ini, saya sarankan terus pakai jaket karena beberapa kali pada saat pagi suhunya gak terlalu tinggi, terus tiba-tiba siang jadi dingin atau kebalikanya. Jadi untuk mencegah hal-hal tersebut lebih baik terus gunakan jaket menghindari udara dingin maupun masuk angin :D
  2. Selimut
    • Selimut, seperti saranku awal lebih baik beli disini soanya selimut Indo menurutku gak cukup hangat. Disini saranku beli saja selimut yang berbahan "Duck Down" di Target Shop. Tapi lebih baik belinyadari awal, biar bisa hemat. Soalnya,kalau musim dingin, kemungkinan untuk dapet diskon" heboh kecil untuk peralatan winter. Jadi, saran gw belilah barang winter di musim panas, dan barang summer di musim dingin =P.
  3. Payung
    • Seperti yang gw bilang, bakalan terjadi hujan beberapa kali dan hujanya itu bisa seharian penuh. (Pernah sampe depan apartmen banjir). Untuk payungnya pun saran gw yang besar saja, soalnya anginya sering kali sangat keras, takut rusak dan tambah cost buat beli lagi :(
  4. Penghangat (Optional)
    • Penghangat disini gak terlalu penting, tapi kalau kalian gak kuat dingin jadi penting. Jadi, dimalam hari gitu kadang kan udara begitu mengigil, so butuh penghangat tambahan. Tapi, perlu diingat penghangat itu watt nya sangat besar, jadi tolong dipikirkan juga masalah biaya listrik. Untuk penghangat, kamu bisa dapet harga 30-40$ di IKEA.
Lalu ini Hal-Hal yang perlu di Waspadai 
  1. Angin
    • Pas musim-musim gini, angin kencang sering terjadi. Gw aja kalau pakai payung serasa terbang. Jadi gunakan saja pakaian tertutup (Buat cewe) dan untuk payung mending cari yang besar biar gak patah kena angin.
  2. Hujan
    • Hujan disini seharian penuh, so kalau kamu gak ada payung bakal repot terjebak seharian di suatu tempat. Dan juga hati-hati hujan es. Hujan es memang jarang terjadi, tapi ada baiknya juga waspada. Soalnya, denger" bongkahan es nya jauh lebih besar daripada di Indonesia @.@
Mungkin gini saja penjelasan gw tentang Winter, selamat menikmati dinginya Melbourne :D


No comments:

Post a Comment